Memang, meskipun sedikit lebih mahal, pilihan tersebut merupakan “metode tercepat” untuk meningkatkan skil bahasa Inggris Anda. Sejak membuka mata di pagi hari hingga menjelang lelap di malam hari, Anda akan dikelilingi oleh segala hal yang serba berbahasa Inggris.

Secara alami dan otomatis, kondisi tersebut memang akan meningkatkan ketajaman Anda berbahasa. Tak hanya secara formal sesuai tren terkini tata bahasa, melainkan juga perbendaharaan kata, bahkan bahasa gaul sekali pun. Mulai dari ruang kelas, kantin, bioskop, kafe, koran, televisi, radio, dan sebagainya di sekitarnya, akan memaksa Anda berbahasa Inggris setiap waktu.

Hanya saja, tidak gampang memilih sekolah biar tidak “tekor” di kantong. Ambil contoh, saat memilih ke Inggris atau Kanada sebagai negara tujuan studi Anda, misalnya.

Beruntungnya, kehadiran internet saat ini terbuka lebar untuk Anda membuka jendela informasi mengenai segala panduan atau tuntunan memilih studi di sana. Di Indonesia pun, banyak agen pendidikan siap membantu. Untuk itulah, ada beberapa hal di bawah ini yang mungkin bisa membantu Anda sebelum memilih sekolah:

Metode dan Kurikulum

Kualifikasi Guru

Aturan Main

Fasilitas Pendukung

Kisaran Biaya

Tidak sama dengan di sini, karena hitungan biaya sekolah di sana kerap memakai sistem per jam, baik itu menggunakan jumlah jam per minggu atau jumlah kelas per minggu. Sebutlah contohnya, program yang menawarkan 20 jam per minggu dengan rate biaya sekitar $300 ($15 per jam). Tentunya, kisaran biaya ini lebih murah ketimbang program yang menawarkan 20 kelas per minggu.

Biaya yang ditawarkan, misalnya, untuk program 20 kelas per minggu itu sebesar $275. Bandingkan, jika lamanya waktu belajar untuk satu kelas adalah 45 menit, terhitung biaya per jam yang harus Anda bayarkan adalah sebesar $18.33. Terhitung, biaya sekolah Anda jadi lebih mahal sekitar $3 per jam.

Memang, $3 per jam bukan jumlah besar. Tetapi jangan terbuai, karena kesan itulah yang biasanya muncul pertama kali. Karena jika mau lebih dicermati lagi, semisal kalikan selisih biaya tersebut dengan waktu studi Anda selama 6 bulan, tak pelak jumlah tersebut akan cukup besar memengaruhi pengeluaran Anda.

Sumber : Kompas

Related Post
20 Tahun Mahesa Institute Berkarya

Pernahkah kalian berkunjung ke kampung inggris pare? Pastinya pernah mendengar nama Mahesa Institute. Mahesa didirikan pada tahun 1998, proses awal Read more

Peran Mahesa Institute dalam 7th Forum Kampung Bahasa

Bertepatan memperingati hari ulang tahun kampung bahasa yang ke 7 pada 29 Oktober 2018 sekaligus peringatan sumpah pemuda, lembaga kampung Read more

Pekan Liburan Sekolah, Belajar Bahasa Inggris Seru

Liburan sekolah akhir tahun 2018 yang berlangsung singkat 2 minggu dimanfaatkan dengan berbagai aktivitas bermanfaat. Tidak kehabisan ide beberapa orang Read more

Meneruskan Gelora Semangat Bahasa Inggris dari Desa Tulungrejo

Menuju akhir tahun 2018 sampai memasuki awal tahun 2019, Pondok pesantren modern Iqyaul Qur’an Bengkulu datang bersama rombongan dari kelas Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *