Australia menawarkan beragam pilihan studi untuk para pelajar internasional, dengan lebih dari 1.100 institusi dan 22.000 jurusan untuk dipilih. Lembaga akademik di Australia mendapatkan ulasan baik dalam hal-hal seperti kepuasaan pelajar, kelayakan kerja, serta kualitas hidup dan suasana komunitas pelajar, dengan Melbourne dan Sydney menduduki posisi lima teratas di daftar kota terbaik untuk para pelajar. Kedua kota ini adalah rumah bagi beragam institusi akademik terkemuka seperti The University of Melbourne, The University of Sydney, University of New South Wales, Monash University, Macquarie University, RMIT University, dan masih banyak lagi.

Pendidikan di Australia

Universitas adalah institusi pendidikan tertinggi di Australia, dan negara ini secara keseluruhan memiliki 39 universitas: 37 universitas negeri yang didanai pemerintah, dan 2 universitas swasta. Para mahasiswa universitas dapat menempuh pendidikan dalam-kampus untuk meraih gelar sarjana (bachelor) atau mengambil jurusan pascasarjana (postgraduate). Jurusan pascasarjana menyediakan gelar sertifikat, diploma pascasarjana, serta program magister dan doktoral.

Untuk jenjang pendidikan selepas SMA dan di bawah level universitas tersedia dua jalur: pendidikan vokasi serta college. Pendidikan vokasional, berkonsentrasi pada keterampilan praktis dan pelatihan industri siap kerja. Pendidikan vokasi ini dapat ditempuh pada institusi pendidikan negeri yang didanai pemerintah Australia seperti institusi TAFE (Technical and Further Education), maupun pada institusi swasta. Kemudian yang kedua, ialah college yang menawarkan sistem kredit yang bisa diteruskan saat melanjutkan studi ke universitas.

Sistem kualifikasi

Sistem pendidikan Australia berbeda dengan kebanyakan negara lainnya dengan adanya Australian Qualifications Framework (AQF). Didirikan pada tahun 1995, AQF adalah kebijakan nasional yang melingkupi kualifikasi dari pendidikan tinggi, pendidikan vokasional, dan pelatihan, sebagai tambahan untuk sertifikat lulus sekolah, yang dinamakan Senior Secondary Certificate of Education.

Biaya dan beasiswa

Australia adalah tempat yang ideal untuk menikmati pendidikan kelas dunia dan kualitas hidup yang luar biasa, namun ada beberapa biaya yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memilih negara ini sebagai tujuan studi di luar negeri.

Australia mendapatkan ulasan baik dalam hal keterjangkauan, dengan biaya hidup (seperti biaya sewa akomodasi pribadi) dan biaya sekolah setara dengan Amerika Serikat dan Inggris. Anda juga dapat memperoleh uang saku dengan cara bekerja paruh-waktu.

Pemerintah Australia merekomendasikan anggaran sebesar AUD$19,830 per tahunnya untuk biaya hidup seorang mahasiswa. Biaya akomodasi merupakan faktor terbesar dalam anggaran biaya hidup tersebut; anggaran lainnya harus dibuat untuk rekreasi, keadaan darurat dan biaya kesehatan lainnya yang tidak ditanggung oleh Overseas Student Health Cover. Variasi dalam nilai tukar valuta asing mungkin dapat mempengaruhi pembuatan anggaran.  Mengetahui biaya hidup rata-rata di Australia merupakan bagian penting untuk mempersiapkan keuangan Anda.

Sumber: International Education Specialists

Related Post
20 Tahun Mahesa Institute Berkarya

Pernahkah kalian berkunjung ke kampung inggris pare? Pastinya pernah mendengar nama Mahesa Institute. Mahesa didirikan pada tahun 1998, proses awal Read more

Peran Mahesa Institute dalam 7th Forum Kampung Bahasa

Bertepatan memperingati hari ulang tahun kampung bahasa yang ke 7 pada 29 Oktober 2018 sekaligus peringatan sumpah pemuda, lembaga kampung Read more

Pekan Liburan Sekolah, Belajar Bahasa Inggris Seru

Liburan sekolah akhir tahun 2018 yang berlangsung singkat 2 minggu dimanfaatkan dengan berbagai aktivitas bermanfaat. Tidak kehabisan ide beberapa orang Read more

Meneruskan Gelora Semangat Bahasa Inggris dari Desa Tulungrejo

Menuju akhir tahun 2018 sampai memasuki awal tahun 2019, Pondok pesantren modern Iqyaul Qur’an Bengkulu datang bersama rombongan dari kelas Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *