Hai..Sahabat mahesa. Bagi kalian pecinta makanan dan yang suka makan rugi jika tidak membaca artikel ini sampai selesai, karena pada kesempatan kali ini saya akan sharing kepada kalian mengenai makanan khas dari daerah Jawa Timur yang terkenal dan dicari oleh banyak orang.

Jawa Timur merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang terletak di bagian Timur Pulau Jawa. Jawa Timur memiliki luas wilayah 47.922 km² dan Jawa Timur merupakan wilayah terluas dari 6 Provinsi yang ada di Pulau Jawa. Jawa Timur beribukota di Kota Surabaya yang memiliki banyak tradisi yang pastinya unik dan menarik. Dan untuk sahabat yang berkunjung ke Jawa Timur, tidak boleh melewatkan wisata kuliner yang ada di Jawa Timur khususnya makanan khas Jawa Timur. Berikut ini adalah daftar makanan khas Jawa Timur yang menggugah selera dan yang harus sahabat coba :

1. Rujak Cingur

Pertama yang kita bahas adalah Rujak Cingur. Rujak Cingur merupakan makanan khas Kota Surabaya. Cingur diartikan sebagai hidung dan bibir atas pada kerbau atau sapi. Cingur merupakan irisan mulut kerbau atau sapi yang direbus dan dicampur dengan rujak khas Surabaya.

Dalam penyajiannya, Rujak cingur bisa dihidangkan biasa maupun matengan. Dalam penyajiannya yang biasa maksudnya sayuran yang di sajikan masih mentah, sedangkan matengan artinya sayuran yang dibuat rujak cingur sudah di rebus matang terlebih dahulu.

2. Pecel Semanggi

Makanan Khas Jawa Timur Pecel Semanggi / 500px.com

Selanjutnya yaitu pecel semanggi makanan yang berasal dari Surabaya. Semanggi adalah tumbuhan sekelompok paku air yang mudah ditemukan di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Tumbuhan ini juga berpotensi sebagai tumbuhan bioremediasi, karena mampu untuk menyerap logam berat cd dan pb. Tumbuhan ini banyak dimanfaatkan oleh penduduk asli Australia sebagai bahan makanan.

Pecel semanggi ini dibuat dari daun semanggi yang dikukus lalu dinikmati bersama sambal pedas yang nikmat dan menggugah selera. Pecel semanggi juga dapat dihidangkan dengan kecambah, kangkung, kerupuk uli yang terbuat dari beras, dan serta bumbu yang terbuat dari ketela rambat. Bumbu yang di pakai dalam makanan khas Surabaya ini memiliki bahan baku serta rasa yang menarik dan berbeda.

3. Lontong Balap

Lontong Balap merupakan makanan tradisional khas Surabaya. Lontong balap berisikan lontong yang diiris-iris dan di atas irisan lontong tersebut di tumpangi irisan tahu dan remasan beberapa lentho, kemudian di atasnya dituangin kecambah setengah matang, Makanan ini dihidangkan dengan pasangannya yaitu sate kerang.

Dibilang “Balap” karena cerita yang pernah ada bahwa pada zaman dahulu para penjual lontong berebut pembeli yang berada dijalan maupun yang berada di pasar.Sehingga para penjual lontong ini terkesan balapan untuk mencapai tujuannya yaitu pos terakhir (pasar Wonokromo), maka dengan kejadian inilah terkenal dengan istilah lontong balap.

4. Sate Kerang Khas Jawa Timur

Pada umunya yang kita ketahui bahwa sate kebanyakan dimatangkan dengan dipanggang diatas bara api. Tetapi berbeda dengan sate khas Jawa Timur ini, sate ini dimatangkan dengan cara direbus, lalu ditumis dengan menggunakan rempah-rempah khas jawa Timur. Sate kerang biasanya disajikan bersama dengan lontong balap.

5. Lontong Balap

Lontong kupang adalah makanan yang berasal dari Jawa Timur yang sangat terkenal khsusnya di daerah Surabaya, Sidoarjo dan wilayah sekitarnya. Di daerah pesisir Jawa Timur, lontong kupang dikenal dengan nama kupang keraton.

Bahan utama yang digunakan adalah kupang putih, kupang putih adalah hewan laut seperti kerang bentunya ada yang kecil sebesar biji beras dan biji kedelai. Lontong Kupang biasanya dihidangkan dengan dipadukan bersama sate kerang dan minuman air kelapa muda yang segar.

Tertarik untuk ber-kuliner ria?Sumber : sahabatnesia

Related Post
Waspadai penyebaran Virus corona, kenali ciri gejalanya

Virus baru yang disebut corona virus telah membuat ke khawatiran warga dunia. Sebab, selain dapat menyebar dengan sangat cepat, virus itu juga Read more

Menikmati Sensasi Belajar di Negara Ramah Pelajar Swedia

Swedia dikenal sebagai negara kecil di Eropa dengan jumlah penduduk yang hanya sekitar 9 juta orang saja. Negara ini membanggakan kualitas hidup warganya Read more

7 Universitas Bidang Kedokteran di Eropa yang cocok buat kamu
mahesa kampus kedokteran di eropa

Menjadi praktisi kesehatan merupakan salah satu karir yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan dari masa SD seringkali siswa Read more

6 Negara Bebas Visa untuk Paspor Indonesia dengan Harga Terjangkau

Liburan ke negara-negara yang memberi akses bebas visa untuk pemilik paspor Indonesia bisa jadi pilihan menarik. Pasalnya, dengan tidak adanya biaya visa, bisa membuat Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.