Main ke Kediri, gak lengkap rasanya kalau belum mencicipi aneka kulinernya yang siap menggoyang lidah. Kediri memang dikenal sebagai Kota Tahu.

Namun, ada banyak kuliner lezat khas Kediri lainnya yang wajib kamu coba. Contohnya seperti deretan kuliner berikut ini:

1. Soto Kediri

Hampir semua daerah di Tanah Air punya soto khas, tak terkecuali Kediri. Soto Kediri mirip seperti soto ayam pada umumnya. Namun, rasanya lebih gurih, karena kuahnya memakai santan.

2. Gethuk pisang

Sesuai namanya, jajanan khas Kediri ini berbahan dasar buah pisang. Bentuknya memanjang seperti lontong. Rasanya manis, asam, dan legit.

3. Pecel tumpang

Seperti daerah lainnya di Jawa Timur, Kediri juga terkenal dengan kuliner pecelnya. Nasi pecel biasanya disajikan di atas pincuk daun pisang saat nasi masih mengepul hangat.

Kemudian, diberi berbagai macam sayuran segar di atasnya, lalu disiram sambal pecel dan sambal tumpang. Maknyuss!

4. Tahu takwa

Dikenal dengan sebutan Kota Tahu, gak heran kalau banyak kuliner berbahan dasar tahu di Kediri. Salah satunya tahu takwa.

Tahu ini sudah menjadi makanan khas Kediri sejak 1912. Tahu takwa punya rasa dan aroma yang gurih. Ketika digoreng, bagian kulit tahu ini akan terasa krispi.

5. Sate bekicot

Bagi sebagian orang, sate bekicot mungkin terdengar aneh dan tak lazim. Namun di Kediri, kuliner satu ini wajib jadi pengalaman rasamu.

Sate ini terbuat dari daging bekicot. Kamu bisa menemukannya di Desa Djengkol, Kecamatan Plosoklaten. Selain sate, kamu juga bisa makan olahan bekicot lainnya, seperti oseng-oseng dan keripik bekicot.

6. Tahu POO

Selain tahu takwa, ada juga tahu POO yang tak kalah lezat menggoda. Keunikan tahu ini adalah ketika digoreng, bagian tengahnya akan mengembang atau menjadi kosong

7. Sate emprit

Selain sate bekicot, Kediri juga terkenal dengan sate emprit. Sate ini berbahan dasar daging burung emprit. Sebelum dibakar, daging emprit akan diberi air yang dicampur asam, gula merah, serta bawang putih sebagai penyedap rasanya.

8. Stik tahu

Kuliner berbahan dasar tahu lainnya yakni stik tahu. Makanan ringan ini diolah dengan cara tradisional dan dengan bumbu rempah alami. Stik tahu ini punya rasa yang gurih dengan tekstur renyah. Dijamin bikin ketagihan!

9. Nasi goreng arang

Kediri juga punya nasi goreng khas yang lezat. Nasi goreng arang namanya. Nasi goreng ini dimasak menggunakan bara arang dan tidak diberi bahan penyedap.

Sebagai pengganti, bumbu yang digunakan adalah berbagai rempah, kecap, dan garam. Ayam yang digunakan pun ayam kampung.

10. Carang mas

Kuliner khas Kediri lainnya adalah carang mas. Jajanan ini terbuat dari ubi jalar. Carang mas punya rasa yang manis dengan tekstur yang renyah.

Nah, itulah sepuluh makanan khas Kediri yang bisa jadi rekomendasi kulineranmu saat singgah atau liburan di sana. Kamu sudah pernah coba yang mana saja?

Setelah bersantap kuliner,jangan lupa main ke kampung inggris yang ada di pare,dijamin pasti lebih happy, karena disana kita bisa belajar bahasa inggris dengan tutor tutor yang sangat berpengalaman dan meng asyikkan. Mau??? Nih lokasinya mahesa kampung inggris

Sumber : idntimes

Related Post
UNBK SMK dimulai hari ini, ini jadwal lengkap dan Tata tertib yang harus di patuhi || MAHESA INSTITUTE

Hari ini resmi dimulainya UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) bagi siswa-siswi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) .  Terdaftar sekitar 1.515.986 peserta Read more

Jadwal UNBK SMA 2019 & Kesalahan yang sering dilakukan peserta ujian || MAHESA INSTITUTE

Jika kemarin para siswa-siswi jenjang SMK (Sekolahh Menengah Kejuruan) sudah berperang melawan soal, hari ini saatnya para siswa-siswi jenjang SMA Read more

Holiday Ramadhan || MAHESA INSTITUTE

Hai sahabat mahesa Ramadhan tinggal menghitung hari, bagaimana dengan persiapannya? Buat kalian sahabat mahesa yang ingin memanfaatkan waktu libur ramadhan Read more

Paket Belajar yang Sesuai untuk Pemburu Beasiswa || MAHESA INSTITUTE

Sahabat mahesa sedang berencana untuk apply beasiswa dalam ataupun luar negeri?  Sedang bingung mencari program paket belajar yang sesuai dengan Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *