Halo Sahabat Mahesa…!

Halo para pejuang beasiswa…!

Semoga tetap semangat sampai apa yang diimpikan tercapai ya.

Beasiswa LPDP tahap I sudah mulai masuk pada tahap Seleksi Berbasis Komputer. Selamat bagi sahabat-sahabat yang sudah lolos seleksi administrasi ya, dan selamat berjuang kembali bagi yang akan melaksanakan Seleksi Berbasis Komputer. Semoga lolos ke tahap berikutnya. Bagi yang belum lolos tahap Administrasi jangan terburu-buru untuk patah arang. Perjuangan mengejar beasiswa LPDP masih bisa kalian dapatkan melalui Pendaftaran LPDP tahap ke-II.

Meskipun pada tahap ke-II ini terhitung lebih panjang jika dibandingkan dengan tahap pertama yaitu dibuka pada tangga 1 Juli 2019 sampai dengan 10 September 2019, kalian harus menyiapkan segala persyaratannya jauh-jauh hari. Apalagi bagi kalian yang masih mengikuti pendaftaran LPDP pertama kali.

Salah satu persiapan yang sangat penting untuk dipersiapkan dari sekarang adalah sertifikat kemampuan berbahasa inggris. Persyaratan kemampuan bahasa inggris yang harus kalian miliki bisa dibuktikan dengan sertifikat kemampuan bahasa Inggris atau kemampuan bahasa arab bagi program studi dan/atau Perguruan Tinggi Islam yang mensyaratkan kemampun bahasa arab  sebagai syarat masuk. Standar skor kemampuan bahasa inggris tersebut beragam, sesuai dengan kampus tujuan dan jenis beasiswa Afirmasi atau Reguler. Dalam artikel ini saya akan membahas khusus mengenai sertifikat kemampuan bahasa inggris khususnya TOEFL (kemampuan bahasa inggris yang digunakan bisa dibuktikan dengan sertifikat TOEFL, IELTS, dan TOEIC) yang bisa digunakan sebagai persyaratan pendaftaran LPDP

TOEFL sendiri terdiri dari 4 jenis. Jadi kalian harus tahu apa saja sih jenis dan perbedaannya.

Biasanya diselenggarakan oleh perguruan tinggi atau lembaga bahasa Inggris tepercaya. Soal yang diujikan tetap berpatokan pada model soal internasional. Nah, karena jenis TOEFL ini tidak diakui internasional, kamu wajib mencari tahu apakah universitas atau pemberi beasiswa pilihanmu menerima hasil TOEFL ITP. Jika menerima, kamu bisa mendaftar di lembaga kursus bahasa Inggris atau TOEFL ITP test center di lokasi terdekat.

Format tes yang ini mulai populer akhir tahun 2005, menggantikan computer-based dan paper-based. Pada dasarnya format soal sama dengan paper-based, tapi tanpa sesi structure. Inilah yang menjadi perbedaan utama PBT dan iBT. Selain itu, susunan pertanyaan dan durasinya pun sedikit berbeda.

Jenis tes TOEFL ini mulai kurang populer karena tergantikan format iBT. Awal munculnya tahun 1998 sebagai alternatif format PBT. Saat sesi Listening, peserta menggunakan headphone. Namun, saat mengikuti tes jenis ini kamu tidak bisa mengulang pertanyaan sebelumnya apabila tertinggal. Durasi total pengerjaan sekitar 4 jam termasuk pembacaan petunjuk.

Paper-based test merupakan jenis TOEFL yang sangat populer diselenggarakan di institusi pendidikan, tempat les, dan lembaga bahasa khusus. Mengikuti tes ini, kamu seperti mengikuti tes biasa, yakni hadir di tempat dan mengerjakan soal yang dicetak. Tes dikerjakan selama kurang-lebih 3 jam dan terdiri atas listening, structure & written expression, reading comprehension, dan writing. Singkatnya, bisa kamu lihat pada tabel berikut ini.

Dari keempat jenis TOEFL tersebut, LPDP hanya menerima jenis TOEFL ITP dan TOEFL iBT. Jadi kalian bia memilih salah satu dari dua jenis TOEFL tersebut. Setelah mengerti jenis TOEFL apa saja yang bisa digunakan sebagai syarat pendaftaran beasiswa LPDP, hal yang harus kalian lakukan dari sekarang adalah mempersiapkan untuk melakukan tes TOEFL tersebut.

Kelas TOEFL Preparation plus real TOEFL ITP Test

Bagi kalian yang belum mempunyai skor TOEFL di atas batas minimal atau bahkan masih kesulitan dalam mengerjakan tes TOEFL, kalian dapat mempersiapkannya di Kampung Inggris bersama Mahesa Institute. Mengapa? Karena di Mahesa Institute adalah satu-satunya Lembaga kursus bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare Kediri yang menyelenggarakan Tes TOEFL ITP resmi ETS. Sebelum melakukan tes tersebut kalian bisa mempersiapkannya dengan mengikuti program TOEFL Preparation I dan/atau II. Sehingga kalian bisa mendongkrak skor TOEFL kalian di atas batas minimal persyaratan Beasiswa LPDP.

Sudah tidak ada masalah lagi kan mengenai persyaratan kemampuan Bahasa Inggris untuk LPDP?

Untuk informasi mengenai Mahesa Institute kalian bisa kunjungi Websitenya di www.mahesainstitute.co.id , SMS/Whatsapp kami di 08125125324, atau kunjungi instagram Mahesa Institute di @mahesainstitute.

 

Kalau ada pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar ya.

Salam hangat bagi para Pejuang Beasiswa!!!

Related Post
Apa itu Plunder? | Vocabulary of the day

Plunder /ˈplʌndə(r)/ Artinya: Mencuri sesuatu dari suatu tempat, khususnya saat perang. Contoh: “Only a small amount of the money that Read more

Apa itu Vowels & Consonants?

1 Vowels Sebuah vowel adalah suara/bunyi yang tidak menghalangi udara melalui mulut atau dalam bahasa Indonesia lebih dekat dengan bunyi Read more

5 macam test TOEFL yang perlu diketahui

TOEFL adalah tes untuk menguji kemampuan bahasa Inggris. Biasanya tes ini diperlukan untuk proses regristrasi masuk perguruan tinggi dalam atau Read more

2 Responses

    1. Mahesa Institute adalah salah satu Penyelenggara TOEFL ITP official ETS. jadi bisa dilakukan di lembaga kami. Untuk jadwal di lembaga kami diselenggarakan setiap hari sabtu pada minggu ke 2 dan 4 setiap bulannya. Jadwal keseluruhan bisa dilihat di http://www.iief.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.