Bertepatan tanggal 13 November 2018, Mahesa Institute berkesempatan bertemu teman-teman dari SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampunguntuk study banding ke Kampung Inggris. Kunjungan pertama kali ke kampung inggris ini, tidak serta merta hanya tour  saja melainkan menerapkan pembelajaran yang sudah diimplementasikan dalam  berkomunikasi bahasa asing. Mahase Institute, terpilih sebagai tujuan wisata edukasi terkait bahasa inggris.  Sejumlah 127 siswa dan didampingi             12 guru pendamping ikut serta mendukung siswa-i belajar di kampung inggris.

Mereka dengan antusias mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas, tidak kalah seru juga metode pembelajaran yang tidak membosankan mampu melunturkan suasana tegang saat beberapa menit diawal ketika masuk. Program fun english speaking dan vocabulary akan dipelajari selama satu hari dengan 3 kali masuk kelas.  Di kelas guru tidak hanya menjelaskan materi saja, namun jugagame dan memberikan pertanyaan kepada siswa dan diminta maju kedepan.

Sejauh ini, rencana wisata edukasi ke kampung inggris tidak hanya mengeksplor bahasa inggris saja melainkan juga bahasa arab. Sebagaimana, program yang sudah berlangsung di sekolah juga ada ektrakulikuler bahasa arab.  Dalam acara kunjungan ke Mahesa Institute, siswa-i akan dipetakan sesuai dengan keminatan bahasa inggris atau bahasa arab. Satu kelas menggikuti pembelajaran bahasa arab dan lima kelas belajar bahasa inggris.

“Harapannya dengan datang ke kampung inggris Mahesa Institute, siswa-i akan memperoleh tambahan wawasan dan menerapkan bahasa inggris atau bahasa arab saat berkomunikasi, seperti halnya ketika di sekolah”, tutur Bapak Vino, Guru pengampu TIK di SMP Muhammadiyah Bandar Lampung.

Saat ditanya bagaimana implementasi belajar bahasa asing di sekolah, Pak Vino memaparkan pada waktu tertentu kegiatan berkomunikasi bahasa inggris ataupun arab sudah dibiasakan saat pembelajaran bahasa di kelas.  Bahasa inggris maupun bahasa arab juga diprioritaskan di sekolah tersebut. Tidak heran jika SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung menjuarai beberapa ajang lomba khususnya Bahasa Inggris di tingkat provinsi Lampung dan bahkan sampai tingkat Nasional.

Output kedepannya diharapkan siswa-i dapat menguasai salah satu bahasa arab atau inggris setelah lulus dari SMP dan dapat melanjutkan ke sekolah favorit.  Sejauh ini hasil yang telah nampak, rata-rata UN Bahasa Inggris siswa yang menekuni bahasa inggris, tidak jarang memperoleh nilai 8.

Sebagai penutup, SMP 3 Muhammadiyah 3 Bandar Lampung akan terus meningkatkan minat peserta belajar bahasa arab ataupun inggris dengan datang kembali ke kampung inggris, khususnya ke lembaga MAHESA INSTITUTE, see you next time with Mahesa’s English program.

 

 

 

 

 

 

Pencarian terkait :

Mahesa

Mahesa Pare

Mahesa Institute

Kampung Inggris

Kursus Inggris

Bahasa Inggris

Pare

Kediri

Kampung Inggris Pare / Pare Kampung Inggris

Belajar Bahasa Inggris

Inggris

Kursus Bahasa Inggris Murah

Kursus Bahasa Inggris Keren

Kursus Bahasa Inggris Seru

Kursus Bahasa Inggris Terbaik

Belajar TOEFL

Belajar Grammar

Belajar Speaking

Belajar Writing

Belajar IELTS

Belajar Pronunciation

Belajar Vocaburary

Kursusan Kampung Inggris

Liburan di Kampung Inggris

Kursusan Murah Kampung Inggris

Related Post
Bestow | Vocabulary of The Day

Bestow /bɪˈstəʊ/ Menganugrahkan, memberikan sesuatu sebagai hadiah. “It was a title bestowed upon him by the king.” Itu adalah gelar Read more

Curmudgeon | Vocabulary of The Day
J Channel on Pexels

J Channel on Pexels Cool Word Curmudgeon /kɜːˈmʌdʒən/ Artinya orang kikir orang bakhil pencerewet tukang cerewet Read more

Stop bilang “worry” ganti sama “Apprehensive” | Vocabulary of the Day

Cool words Stop bilang “worry” ganti sama “Apprehensive” Apprehensive /ˌæprɪˈhensɪv/ Artinya Khawatir, cemas Ex: “The long delay had made me Read more

Adjust | Vocabulary of the day

Adjust /əˈdʒʌst/ Menyesuaikan “The default setting is really complex, so we need to adjust it.” Pengaturan bawaannya cukup rumit, jadi Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.