Hari Minggu, 07 april 2019, bertepatan dengan  peringatan Hari Kesehatan Sedunia atau biasa disebut dengan World Health Day. Peringatan ini tak lepas jauh dari berdirinya badan organisasi kesehatan dunia yaitu World Health Organization (WHO).

Hari Kesehatan Sedunia atau World Health Day pertama kali diperingati pada 7 April 1950.  Sementara WHO didirikan oleh PBB pada 7 April 1948.

Selain untuk memperingati pendirian WHO, Hari Kesehatan Sedunia atau World Health Day diselenggarakan juga sebagai kesempatan untuk menarik perhatian dunia dalam hal kesadaran akan masalah besar kesehatan di tingkat global setiap tahunnya.

Ada beberapa hari peringatan terkait Selain Hari Kesehatan Dunia yang merupakan kampanye kesehatan global WHO, antara lain: Hari AIDS Sedunia, Pekan Imunisasi Sedunia, Pekan Malaria Sedunia, Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Hari Donor Darah Dunia, Hari Hepatitis Sedunia, dan Hari Tuberkulosis Sedunia.  Hari peringatan tersebut tidak hanya di lakukan dan diakui oleh pemerintah saja, melainkan non-pemerintahpun mengakui semua kegiatan tersebut.

Sehat tak akan melulu tentang pengaturan pola hidup oleh seorang dokter, namun hidup sehat bisa dimulai dari diri sendiri.  Berikut beberapa tips hidup sehat sederhana, diantaranya:

  1. Perbanyak mengkonsumsi air putih

Tahukah Sahabat Mahesa bahwa sebagian besar dari kita sebenarnya seringkali kurang minum cukup air setiap hari? Ini tentu hal yang tidak baik sebab seperti kita ketahui air sangat penting bagi tubuh. Ini dikarenakan kita kehilangan air setiap hari melalui urine, buang air besar, keringat dan pernapasan, sehingga kita perlu mengisi asupan air kita.  Minimalnya asupan minum kita adalah 8 gelas dalam sehari.

  1. Tidur dan Istirahat yang cukup

Tidur dan istirahat yang cukup adalah salah satu kunci dari kebiasaan hidup yang sehat. Ini sangat beralasan sebab tubuh sangat membutuhkan istirahat untuk dapat beraktifitas kembali dengan maksimal.

  1. Olahraga secara teratur

Berolahraga setiap hari membawa manfaat luar biasa bagi kesehatan kita, Jika tidak punya waktu untuk berolahraga atau pergi ke pusat kebugaran, berjalan kaki atau aktifitas sehari-hari seperti memilih untuk naik tangga dan buka lift akan menjadi aktifitas pengganti olahraga yang mudah dan murah.

  1. Mengatur pola makan sehat

Mengatur pola makan sehat bisa dimulai dengan perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur,  mengurangi yang bersoda, dan membatasi gula dan kafein dalam makanan yang kita konsumsi disetiap harinya.

  1. Menjaga kebersihan

Perilaku hidup bersih dan sehat juga masuk dalam resolusi tahun 2019 oleh WHO. Kebersihan adalah faktor penting bagi kita agar tidak rentan terkena penyakit infeksius.  Sebenarnya, caranya mudah. Contohnya, mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum makan, termasuk mandi secara rutin.

  1. Jangan Stress

Kesehatan mental memungkinkan setiap individu mengenali potensi dirinya, dapat mengatasi stress, dan produktif saat berkegiatan.  Saat sahabat mahesa merasa stress, cobalah untuk melakukan aktivitas fisik, mengatur waktu, istirahat, dan curhat kepada orang terdekat maupun apada ahli psikolog.

Dua hal yang paling penting dalam menjaga kesehatan adalah jangan lupa bersyukur dan jangan lupa senyum hari ini sahabat mahesa.

Related Post
Semarak Scholarship Talk Show

Bagi para pemburu beasiswa (scholarship hunters), memperoleh informasi terkait cara memperoleh beasiswa sangat penting, tidak heran jika acara talk show Read more

Beberapa Momen Seru yang Tak Terlewatkan, Agustus 2018

Bangsa Indonesia patut berbangga diri, lantaran beberapa momen penting bertepatat pada bulan yang sama, Agustus 2018. Apa saja itu? Kebangaan Read more

English Program di Majalengka

Mahesa Institute, kampung inggris pare kembali lagi menggadakan acara English Program di MTS dan MA Putri PUI TALAGA, Majalengka, Jawa Read more

Program Pendidikan Kecakapan Kerja

Program pengembangan keterampilan saat ini sangat penting untuk menunjang generasi muda guna memperoleh peluang memasuki dunia kerja. Selaras dengan Peraturan Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *