Bertepatan dengan hari jumat (17/05/2019) merupakan hari yang selalu diperingati setiap tahunnya oleh para pecinta buku yang disebut sebagai Hari Buku Nasional.  Mempunyai minat baca yang tinggi bukanlah bakat bawaan, melainkan bisa dipupuk perlahan-lahan. Walaupun kebiasaan ini tak ditanamkan semenjak dini, seiring dengan semakin meningkatnya kedewasaan serta matangnya pola pikir seseorang mungkin yang bersangkutan mulai memahami pentingnya membaca untuk meningkatkan kualitas diri sehingga ingin memulai kebiasaan baik tersebut pada dirinya sendiri.  Berikut beberapa tips bagaiamana cara menumbuhkan minat baca pada diri pribadi, diantaranya:

Menumbuhkan motivasi

Motivasi merupakan hal yang sangat penting untuk memulai menumbuhkan minat dalam membaca, sama halnya seperti niat.  Jika motivasinya kurang maka akan dipastikan minatnyapun akan melemah dan akhirnya masih malas untuk membaca.  Sedangkan di zaman sekarang literasi itu penting jika kita tidak mau ketinggalan oleh negara lain.

Memilih tema yang diminati

Setelah memunculkan motivasi maka sahabat mahesa harus memilih tema sesuai dengan apa yang sahabat mahesa minati.  Agar apa yang dibaca sesuai dengan apa minat dan kebutuhan dahaga baca bagi sahabat mahesa sendiri.

Mengalokasikan Waktu Khusus untuk Membaca

Mengalokasikan waktu khusus untuk membaca akan membuat sahabat mahesa merasa seperti dimanjakan oleh waktu.  Karena membaca membutuhkan sebuah kefokusan untuk bisa memahami makna dari isi yang kita baca, maka mengalokasikan waktu khusus untuk membaca adalah pilihan yang tepat.

Membeli Buku Setiap Minggu

Nah, kalo poin ini opsional nih sahabat mahesa.  Sebenarnya tidak harus membeli, sahabat mahesapun bisa meminjamnya dalam bentuk fisik di perpustakaan, teman, keluarga maupun buku-buku online.

Manfaatkan Waktu Menunggu

Selagi menunggu, manfaatkan waktu senggang ini untuk sahabat membaca barang selembar atau dua lembar dari buku yang sahabat bawa.  Hal ini akan sedikit membantu sahabat mahesa mengurangi kebosanan selagi menunggu, pun akan meningkatkan minat baca sahabat mahesa sendiri dong.

Membuat Target Membaca

Selain harus memilih tema yang diminati dan mengalokasikan waktu untuk  membaca, membuat target dalam membacapun menjadi poin penting dalam menumbuhkan minat baca.  Sahabat mahesa harus punya rencana membaca. Rencana membaca merupakan target atau daftar buku apa yang harus ditamatkan untuk dibaca pada minggu atau bulan ini.

Berdiskusi dan Bergabung di Komunitas

Hal terakhir yang bisa di lakukan untuk meningkatkan minat baca sahabat mahesa yaitu dengan cara berdiskusi dan bergabung dengan komunitas-komunitas pecinta buku atau komunitas pecinta membaca.  Maka hal ini akan sangat membantu sahabat mahesa dalam tujuan membaca karena memiliki teman untuk saling berbagi isi buku yang sudah dibaca, sehingga  mau tidak mau sahabat mahesa harus membaca, memahami dan mampu menyampaikan kembali apa yang sudah sahabat mahesa baca.

Gimana? Sudah siap berliterasi? Mari berbahasa, mari membaca.  Selamat hari buku nasional.  Mau ke kampung Inggris?  Mahesa aja…

 

Related Post
Begini Cara Pakai Kata “Enough”!

Begini loh caranya meletakkan kata cukup (Enough) part 1: Kata "enough" biasanya kita temui saat bertemu dengan adjective (kata sifat) Read more

Ungkapan Buat Kamu yang Lagi Kezel

  Idioms for anger Lagi ngerasa kesel? Coba pakai ungkapan-ungkapan (idiom) ini biar tetep classy: 1. Had it up to Read more

6 Jurus Jago Bahasa Inggris buat Pemula

  1. Dengerin Bahasa Inggris Setiap Hari Coba rajin-rajin dengerin video berbahasa Inggris, Film bahasa Inggris, hingga musik berbahasa inggris Read more

Pingin Bisa Ngomong Inggris, Lupakan Sejenak Soal Grammar!

Pernahkah ada wacana dengan teman-teman kamu untuk mengadakan English Day dan seringkali berakhir menjadi silent day! XD Kita jadi takut Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.