Backpacker sering menjadi impian banyak orang untuk bisa keluar negeri dengan biaya sehemat mungkin, tidak jarang beberapa tips diperoleh dari internet maupun pengalaman orang yang sudah pernah backpaker untuk mempersiapkan diri. Mulai dari tips mencari penginapan murah, tiket pesawat promo pulang pergi, mencari makanan halal bagi muslim dan tak kalah pentingnya persiapan diri menggunakan bahasa asing. Pilihan mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa internasional sering dilirik oleh warga masyarakat di berbagai negara saat melakukan perjalanan ke negara berbahasa inggris.
Untuk mempermudah menambah vocabulary saat travelling, berikut daftar kosakata yang mungkin bisa mempermudah untuk perjalanan saat di Airport.
- Airfare :Biaya atau harga tiket pesawat
- Aisle : Lorong panjang dalam pesawat yang memungkinkan anda berjalan menyusurinya
- Aisle seat : Kursi yang berdekatan dengan lorong pesawat
- Arrival : Tiba, kedatangan
- Baggage, luggage : Tas dan koper yang digunakan para wisatawan untuk menempatan barang-barang mereka
- Boarding : Tidak pergi atau naik keatas pesawat
- Boarding pass : Bagian dari tiket yang anda berikan pada kru pesawat saat Anda mulai masuk/melangkah ke pesawat
- Bumpy, rough : Goncangan keatas atau kebawah karena pergerakan pesawat
- Carry on : tas kecil yang anda bawa bersama Ada ke dalam pesawat
- Complimentary : Gratis
- Declare :Gratis
- Departure : Secara resmi memberi tahu seseorang nilai barang yang Anda beli karena Anda mungkin harus membayar pajak pada barang-barang tersebut
- Duty free shop : Sebuah toko di Bandara dimana barang-barang yang diual tidak dikenakan pajak
- Emergency Exit : Bagian dari pesawat yang akan terbuka jika terjadi kecelakaan
- E-ticket : Tiket pesawat yang dibeli melalui pesawat
- Excess baggage : Tas yang memiliki berat dari barang yang diijinkan
- First class : Kelas lebih mahal, dengan layanan yang lebih baik
- Gate : Tempat dimana penumpang menunggu untuk naik pesawat
- International : Meliputi seluruh dunia, llintas negara
- Jet lag : Kelelahan karena perjalanan melaui zona waktu yang berbeda
- Land : Kembali kepermukaan setelah dari udara
- Motion sickness : Perasaan tidak enak diperut saat yang dirasakan penumpang selama penerbangan
- Overbooked : Jumlah penumpang jauh dari kursi yang tersedia
- Overhead bin/compartment : tempat diatas kursi untuk menyimpan barang-barang
- Oversized baggage : Item yang tidak dapat dimasukkan di dalam koper
- Pasport : Dokumen yang membuktukan identifikasi dan kewarganegaraan seseorang
- Refreshments : Minuman dan makanan ringan
- Row : Sejumlah kursi disamping satu sama lain
- Steward (male) stewardess (female) : pria atau wanita yang menyediakan layanan bagi penumpang penerbangan
- Stop over : Mendarat dilebih dari satu bandara selama penerbangan
- Take off : Saat pesawat meninggalkan tanah
- Window set : Duduk disebelah jendela di mana penumpang bisa melihat keluar
Beberapa vocabulary diatas sangat membantu saat berada di Bandara, beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait prosedur dari pihak maskapai untuk para penumpang, diantaranya:
1.Carilah loket check-in sesuai dengan maskapai Anda dan antrelah sampai giliran tiba. Jika tidak tahu dimana meja check-in dapat menanyakan pada petugas bandara, “Excuse me, where is the Delta check-in desk?”. Jika memiliki barang-barang yang mudah rapuh dapat meminta pada petugas “Please mark this bag as fragile”
2.Bandara terdiri dari beberapa gerbang, pintu gerbang adalah pintu dimana Anda harus lalui untuk memasuki pesawat, mereka biasanya akan memberi tahu gerbag mana yang harus anda tuju, namun jika anda perlu bertanya dapat menggunakan beberapa pertanyaan berikut
“Which gete did you say it was?” Dimana gerbang yang tadi anda katakan itu?
“What was the gate number again?” Apa tadi nomor gerbangnya?
“Can you point me toward the gate?” Dapatkah anda menunjukkan kepada saya arah menuju gerbang?
“How do I get to the gate again?” Bagaimana tadi saya bisa sampai ke gerbang?
“How do I get to gate C2?” Bagaimana saya bisa sampai gerbang C2 ?
“Where is gate C2?” Dimana gerbang C2?
3. Ketika anda berada dalam pesawat, biasanya beberapa pramugari akan melayani anda. Bila anda tidak mengerti apa yang pramugari katakan, dapat menggulangi dengan menggatakan, “Sorry?” atau “Pardon?”. Bila menginginkan sesuatu bisa menggunakan kalimat “Can I have…” misalkan “Can I have a cup of coffe”. Dapatkah saya meminta secangkir kopi?
Semoga bermanfaat untuk anda yang akan merencanakan liburan dengan keluar negeri.
Pencarian terkait :
Grammar | Speaking | Reading | TOEFL | TOEFL ITP | TOEIC | Vocabulary | Pronunciation | English Course | Kampung Inggris | Kampung Inggris Pare | Kursus Inggris | Kursus Bahasa Inggris | Kursus Bahasa Inggris Terbaik | Mahesa | Mahesa Institute | Liburan Cerdas | Paket Liburan | Translation | Listening | Modul | Reading | Writing | IELTS