Hai sahabat mahesa

kalian bingung mau piliih TOEFL atau IELTS?  Atau kalian memiliki rencana untuk ambil dua-duanya karena tidak tau nanti yang dibutuhkan apa?  Eittsss jangan dulu seperti itu sahabat mahesa, untuk sahabat mahesa yang masih bingung ingin mengambil TOEFL atau IELTS, mimin kasih sedikit tips nya nih, antara lain:

  1. Pastikan terlebih dahulu tujuan dari targetnya untuk apa, beasiswa atau kerja

Sebelum sahabat mahesa mengambil keputusan, langkah pertama yang harus diperhatikan yaitu pastikan terlebih dahulu tujuan dari pembelajaran bahasa Inggris ini untuk apa.  Apakah untuk mengejar beasiswa ataukah hanya sekedar untuk mencari pekerjaan.

  1. Pastikan terlebih dahulu tempat dan jenis jalur seleksi beasiswa yang akan di ikuti, seperti LPDP dsb.

Jika ternyata sahabat mahesa memilih untuk apply beasiswa, langkah kedua yang harus sahabat  mahesa ambil, yaitu pastikan terlebih dahulu tempat dan jenis jalur seleksi beasiswa yang akan diikutinya, seperti LPDP atau beasiswa-beasiswa luar negeri lainnya.

  1. Pastikan terlebih dahulu permintaan dari tempat dan jalur testnya mereka minta TOEFL atau IELTS

Setelah sahabat mahesa memilih tempat dan jalur seleksi, maka langkah yang ketiga yaitu pastikan terlebih dahulu permintaan dari tempat dan jalur tesnya yang mereka minta TOEFL atau IELTS.

  1. Pastikan terlebih dahulu jenis sertifikat dan score yang diminta

Jika ternyata yang diminta adalah IELTS maka tidak ada pilihan jenis sertifikat lain, dikarenakan IELTS hanya memiliki satu tipe test, jadi yang harus sahabat mahesa pastikan yaitu hanya score yang diminta saja.  Namun akan lain halnya ketika yang diminta TOEFL, karena TOEFL test memiliki beberapa jenis seperti TOEFL ITP atau TOEFL iBT, maka sahabat mahesa harus menentukan terlebih dahulu, jalur yang diambil itu meminta jenis sertifikat TOEFL yang mana dan score minimal yang diminta berapa.

  1. Tentukan program kursus

Setelah sudah memastikan semua hal diatas, maka sahabat mahesa akan lebih mudah memilih apakah harus fokus ke TOEFL ataukah fokus mengambil program IELTS.  Karena dalam tes bahasa dibutuhkan sebuah kefokusan, jadi mau tidak mau sahabat mahesa harus fokus kesalahsatunya saja terlebih dahulu.

Lain halnya ketika sahabat mahesa sudah mahir dan punya score TOEFL tinggi, maka sahabat mahesa bisa juga mempelajari dan mengejar score IELTS.  Karena dalam istilahnya IELTS itu satu tingkat lebih sulit dari TOEFL.  Jadi gimana sahabat mahesa?  Sudah tidak ada alasan untuk bingung lagi kan?

Related Post
TOEFL Vocabulary

  Word Part of Speech Difficulty Definition Access Verb Noun Easy Kemampuan untuk masuk atau pergi ketika sesuatu atau sesorang Read more

Sering di gaungkan dan menjadi salah satu syarat untuk belajar keluar negeri, apa sih TOEFL ITP itu?

Sebagian dari kita pasti sering mendengar tentang TOEFL ITP ini namun banyak juga dari kita sebagai masyarakat tidak mengetahui apakah yang dimaksud Read more

Daftar Peserta TOEFL Prediction Test (CPNS)

Terima kasih telah mendaftar dalam event "TOEFL for CPNS". Berikut ini nama-nama peserta yang dibagi ke dalam dua ruangan. RUANGAN Read more

GAGAL SBMPTN? KE KAMPUNG INGGRIS AJA

Halo Sahabat Mahesa... Semangat Pagi... Selalu semangat untuk belajar Bahasa Inggris ya.... Apa kabar SBMPTN 2019? Hasil Seleksi Bersama Masuk Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.