Baik investor asing atau lokal, investasi di bidang pariwisata atau yang berhubungan dengan kedatangan turis asing tentu sangat menguntungkan.

Anda juga bisa ikut andil dalam mengumpulkan pundi-pundi rupiah atau bahkan dolar ketika para turis asing ini berkunjung ke Indonesia. Anda bisa menjalankan satu atau beberapa bisnis berikut yang berhubungan dengan kedatangan turis asing.

Berikut peluang usaha yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan kedatangan turis asing sebagai ladang penghasilan;

1. Bisnis tour and travel

Sudah bisa dipastikan bahwa tour and travel memang menjadi investasi utama yang berhubungan dengan kedatangan turis asing.

Bisnis tour and travel memiliki tingkat keuntungan yang sangat menggiurkan. Tapi benar bahwa bisnis ini membutuhkan modal yang besar dari mulai kendaraan yang digunakan untuk pariwisata, kantor resmi, karyawan dan tentu strategi pemasaran yang harus dilakukan secara online dan offline untuk selalu mendapatkan turis asing.

Bisnis tour and travel sangat menggiurkan karena bisa bekerja sama dengan berbagai pihak. Bisnis tour and travel juga bisa memberikan beberapa paket wisata dimana setiap paket wisata memiliki keuntungan tersendiri.

Ini bisnis menarik yang patut dilakukan khususnya bagi Anda yang berada di daerah tempat wisata seperti Yogyakarta dan Bali.

2. Bisnis tour guide

Tour guide atau pemandu wisata juga bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan yang memanfaatkan kedatangan para turis asing.

Memang biasanya tour guide ini sepaket dengan bisnis tour and travel. Tapi, ada juga perusahaan yang hanya fokus menyediakan pemandu wisata.

Biasanya, perusahaan tour guide juga bekerja sama dengan perusahaan travel karena mereka saling membutuhkan.

Ada alasan kenapa pihak travel tidak mau menyediakan jasa tour guide begitu juga ada alasan kenapa pihak tour guide tidak menyediakan kendaraan untuk bisnis tour and travel.

3. Bisnis penginapan, home stay, hotel

Tentu, ini bisnis yang tidak bisa dilewatkan ketika akan datang rombongan atau beberapa turis asing. Bisnis ini bisa bekerja sama dengan pihak tour and travel.

Biasanya, turis asing akan mencari tempat penginapan yang sesuai dengan lokasi dan harga yang mereka minati.

Mereka bisa booking secara online atau hanya mencari tahu informasi tersebut saja. Oleh sebab itu, pihak hotel atau home stay juga akan bekerja sama dengan pihak tour and travel untuk para turis hotel tersebut.

Biasanya, dijumpai di meja kamar atau ruang receptionist brosur perusahaan tour and travel yang bisa dipilih oleh turis tersebut.

4. Bisnis sewa kendaraan, mobil, motor, sepeda

Ketika Anda ingin memanfaatkan momen kedatangan para turis asing, bisnis sewa kendaraan seperti mobil, motor dan sepeda merupakan bisnis yang cukup menggiurkan.

Bisnis ini membutuhkan modal cukup besar dan tentu lokasinya harus strategis seperti di dekat dengan hotel atau penginapan para turis asing.

Turis asing juga terkadang ingin menikmati liburan dengan cara mereka sendiri yakni dengan menyewa kendaraan.

5. Bisnis kuliner

Tidak ada pariwisata tanpa adanya kuliner. Istliah wisata kuliner juga sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Artinya, ketika para turis merencanakan liburan ke Indonesia, tentu bukan hanya untuk melihat tempat-tempat wisata saja melainkan juga ingin menikmati makanan lokal khas Indonesia. Bisnis ini bisa bekerjasama dengan bisnis homestay atau tour and travel.

6. Bisnis aksesoris

Jangan lupakan jenis bisnis ini. Menjual aksesoris bisa juga dijadikan usaha yang memanfaatkan kedatangan para turis.

Aksesoris disini bisa dimulai dari kaos khas tempat wisata tertentu bisa juga souvenir unik yang bisa mengingatkan para turis kepada memori sewaktu mereka berlibur ke Indonesia.

7. Bisnis jasa tukar mata uang (money changer)

Bisnis money changer juga bisa dikatakan menguntungkan. Hal itu dikarenakan tidak semua turis asing sudah siap dengan menukarkan mata uang mereka dengan rupiah. Tempat untuk membuka usaha ini tentu harus strategis dan dekat dengan penginapan.

Namun jangan pernah dilupakan tentangnya pentingnya komunikasi, terlebih jika turisnya dari manca negara pastilah kemampuan bahasa inggris menjadi syarat utama dalam membangun bisnis di atas.

Untuk itu silakan memperdalam kemampuan bahasa inggris anda bersama mahesa institute di sini. Dengan di bimbing oleh tutor yang berpengalaman dan praktis, kami yakin anda siap mengelola bisnis anda.

Itulah beberapa jenis investasi di Indonesia yang bisa dilakukan oleh siapapun baik investor lokal maupun internasional. Lakukan dari mulai bisnis yang mudah dan murah

Sumber : koinworks