Cara Belajar Grammar Dengan Mudah

  • 12 Jan
posted by Admin

Grammar memang bisa membuat Anda bingung. Tapi jangan khawatir, bahasa Inggris Universal English (UE) Inggris akan membantu Anda membuat Grammar lebih mudah. Bagaimana? Simak tips berikut ini:

1. Structure

Struktur, Bisa diartikan rumus atau rumus dalam 16 huruf inggris. Setiap tegang memiliki rumus yang berbeda. Yang perlu Anda ingat dengan hati-hati adalah formula yang tegang. Karena dengan formula kita bisa membuat kalimat yang sempurna. Contoh, Present Continous (atau dikenal dengan nama lain Present Progressive). Present Continous memiliki rumus:

(+) S + to be (am, are, is) + verb-ing

(-) S + Tobe + Not + Verb-ing

(?) Tobe + S + Verb- Ing

Jika kita buat dalam kalimat, contohnya:

You are drinking a glass of juice

he is teaching english

We are walking around

2. How or Why

Yang paling penting dalam penggunaan tenses adalah, jawab dua pertanyaan di atas: Bagaimana kita menggunakan tenses? Mengapa kita harus menggunakan tenses itu? Misalnya, dalam bentuk present continuous, kita bisa menggunakan tenses saat event berlangsung. Atau lebih sering kita kenal dengan time signal atau time marker.

Yang harus diingat setelah strukturnya adalah, bila bisa menggunakan tegang. Jadi, yang harus Anda lakukan adalah membuat ringkasan dari 16 tenses dengan menulis STRUCTURE dan TIME SIGNAL. Buat ringkasan yang sederhana, menarik, dan mudah dibaca. Contoh time signal untuk present continous:

-Alex is Writing a book now

-Alex sedang menulis buku sekarang

3. Practice

Practice makes perfect, demikian kata orang bijak itu. Cara termudah untuk menguasai Grammar adalah dengan pelatihan. Apa latihannya? Pertama, THINK; Berlatihlah mengingat struktur yang ada dalam aturan Grammar. Kedua, WRITE DOWN; membuat ringkasan Grammar, berlatih membuat kalimat, paragraf dan esai menggunakan Grammar yang baik. Ketiga, TALK; katakan apa yang Anda tulis, dan cobalah berlatih berbicara di depan cermin atau kamera video menggunakan Grammar yang baik. Ketiga cara ini perlu Anda lakukan berulang kali setiap hari. Buatlah contoh sebanyak mungkin, untuk mengasah penguasaan grammar.