7 Cara Manajemen Waktu Yang Wajib Mahasiswa Tahu

  • 04 Des
posted by Admin

1. Rancang daftar kegiatanmu Sekarang, hampir semua ponsel pintar disertai dengan pin-up planner. Rencana hidup juga bisa kamu buat di kalender, atau di buku agenda biasa. Letakkan tugas yang paling penting di bagian atas sertakan pula hal-hal yang ingin kita lakukan. Cobalah memotivasi diri sendiri dengan hadiah jika kamu dapat melakukan semua hal di dalam daftar tersebut. 2. Bawa selalu tugas-tugas yang mudah dilakukan Jadi, bila memiliki waktu luang di dalam bus atau saat sedang menunggu sebuah pertemuan, kita memiliki sesuatu untuk diselesaikan. 3. Jangan takut berkata ‘tidak’ Tidak perlu memaksakan diri untuk menonton bioskop saat ada ujian keesokan paginya. Berikan pengertian kepada temanmu, lalu mintalah ia mengatur waktu yang menguntungkan kalian berdua. 4. Buat waktu belajar mandiri Siapkan waktu khusus hanya untuk mengulang segala hal yang telah kamu pelajari di kelas. Matikan telefon dan sambungan internet, kecuali jika kamu membutuhkan sesuatu terkait hal yang sedang kamu pelajari. 5. Jangan biarkan dirimu teralihkan Jika kamu mendapati dirimu sedang membuang-buang waktu, segera hentikan. Periksa kembali agenda hidupmu, dan mulailah dari awal. 6. Temukan waktu untuk bersantai Hitung berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk bekerja. Atur ulang jadwalmu minggu depan, dan tambahkan waktu luang untuk bersantai sebelum kamu berpikir untuk menambahkan agenda lain. 7. Sisakan waktu tidur yang baik Untuk dapat bekerja dengan maksimal, otakmu butuh tidur. Berikan 7-8 jam waktumu untuk tidur malam. Jangan lupa, susun ulang agendamu untuk esok hari sebelum kamu tidur.